header-int

YAYASAN SEMARAK

Posted by : Administrator
Share

1.  Semarak

Makna terkandung dalam kata semarak merupakan kata motivasi yang diharapkan bisa menjadi energi dalam menyemangati segenap sivitas akademika (dosen, mahasiswa dan pegawai) Unihaz Bengkulu untuk terus berkarya menjadi yang terbaik melalui pengembangan kapasitas pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Pengembangan kapasitas pembelajaran dalam kaitan ini adalah pengembangan ilmu pengetahuan (knowledge), kreativitas personal dan organisasi. Pengembangan penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang dimaksudkan tersebut adalah selain pengembangan dimensi intelektual dan kreativitas, juga mendorong para dosen/peneliti dan mahasiswanya agar dapat berperan aktif  dalam pembangunan daerah dan pembangunan nasional.

 

Berkaitan  dengan makna tersebut maka Unihaz, Bengkulu harus mampu membangun infrastruktur baik sarana maupun prasarana, kinerja, layanan dan keahlian yang lebih baik yang menekankan pada penjaminan mutu dan budaya mutu secara akademik dengan didukung oleh kesadaran sivitas akademika dan lulusan serta tata kelola yang baik dan bersih.  Selain itu, Unihaz, Bengkulu juga harus selalu berusaha untuk menghasilkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang diarahkan untuk meningkatkan kualitas dan pelayanan bagi kebutuhan masyarakat.

 

  1. Religius

Kata religious bermaksud untuk dapat menangkap makna yang lebih luas sesuai dengan kepercayaan dan selalu berlandaskan kepada nilai-nilai religious yang diwujudkan melalui pengembangan dimensi Sosial dan moral religius para sivitas akademika. Pengembangan dimensi ini dimaksudkan yaitu menyiapkan luaran yang mampu membentuk karakter bangsa yang berkeadilan, terbebas dari prilaku tercela dibawah rujukan nilai-nilai religius, namun tetap bersikap toleran terhadap masyarakat yang sedang menuju kesempurnaan sembari membantu mereka dalam melakukan upaya kesempurnaan tersebut. Komitmen tersebut tercemin pada seluruh sivitas akademika dan lulusan Unihaz, Bengkulu yang  akhlakul karimah, berilmu amaliyah dan beramal ilmiah. 

  1. Unggul

Kata unggul, dimaksudkan bahwacivitas akademika dan lulusan Unihaz, Bengkulu mempuyai kualifikasit inggi, berkarakter baik dan berdayaguna. Hal ini memberikan pengertian bahwa seluruh civitas akademika dan lulusan Unihaz, Bengkulu mampu memahami, memiliki kompetensi dan ahli dibidangnya dalam pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi.  Disamping itu,Unihaz Bengkulu mampu meningkatkan kerjasama, mengembangkan jaringan kemitraan dengan dunia usaha, pemerintah dan masyarakat berperan dalam mengembangkan, menerapkan dan menyebarluaskan Ipteks tepat guna, berteknologi tinggi, futuristic dan berbasis pada kearifan lokal.

Pada intinya rumusan visi PS PBI  menjadi Menjadi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris yang Semarak, Relegius, dan Unggul dalam Menghasilkan Lulusan yang Komunikatif, Kompetitif dan Profesional dalam Bidang Pendidikan Bahasa Inggris pada Tahun 2025, menggambarkan keinginan PS PBI untuk melakukan pengembangan dimensi intelektual, kreativitas, dimensi sosial dan moral religius terhadap lingkungan dengan menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi tinggi, bermoral dan religius serta progresif.

B.   Misi

  1. Menyelenggaraaan pendidikan dan pengajaran yang bermutu untuk menghasilkan tenaga pendidik yang memiliki kompetensi dan performa dalam berbahasa Inggris.
  2. Menyelenggarakan penelitian, seminar, pelatihan, dan lokakarya dalam pembelajaran Bahasa Inggris.
  3. Menyiapkan tenaga pendidik  yang profesional, berkemampuan tinggi, bermutu, berwawasan luas, dan kritis dalam menghadapi perkembangan dunia pendidikan.
  4. Mengembangkan jejaring (networking) dalam bentuk kerjasama atau kemitraan dalam penyelenggaraan kegiatan tri dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran,

Universitas Prof.Dr. Hazairin, SH., disingkat UNIHAZ, adalah sebuah universitas swasta yang diselenggarakan oleh Yayasan Semarak Bengkulu (sebuah Yayasan yang didirikan oleh Para Pasirah Kepala Marga dalam wilayah Keresidenan Bengkulu pada masa Pemerintahan Hindia Belanda tahun 1928). Sejak dihapusnya sistem Pemerintahan Marga berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1979 tentang Pemerintahan Desa, kedudukan para para Pasirah Kepala Marga sebagai pendiri Yayasan Semarak Bengkulu, digantikan oleh ex-officio Gubernur Propinsi Bengkulu serta para Bupati dan Walikota Pemerintah Daerah Tingkat II dalam lingkungan Propinsi Bengkulu.

UNIHAZ diresmikan pada tanggal 20 Mei 1984, berdasarkan Surat Keputusan Pengurus Yayasan Semarak Bengkulu Nomor 1 Tahun 1984 tanggal 16 April 1984. UNIHAZ mendapat tugas untuk melanjutkan tugas-tugas Universitas Semarak Bengkulu yang telah ditutup melalui proses passing out, sebagai syarat berdirinya Universitas Bengkulu. Universitas Bengkulu didirikan oleh Pemerintah Pusat atas prakarsa Pemerintah Propinsi Bengkulu dan Pengurus Yayasan Semarak Bengkulu.

Pada waktu berdirinya tahun 1984, UNIHAZ menyelenggarakan program studi jenjang pendidikan Sarjana (S1) pada 4 fakultas, yaitu:

  • Fakultas Hukum jurusan Hukum Keperdataan dan jurusan Hukum Pidana,
  • Fakultas Ekonomi jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, Program Studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan;
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik; jurusan Ilmu Sosial, Program Studi Ilmu Administrasi Negara, dan
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Program Studi Administrasi Pendidikan.

Program pendidikan dan program studi yang diselenggarakan oleh UNIHAZ selanjutnya mengalami perkembangan, yaitu :

A. Program Magister    
  • Magister Ilmu Hukum
S2 Akreditasi B
  • Magister Administrasi Publik
S2 Akreditasi B
     
B. Program Sarjana    
  • Fakultas Hukum
S1 - Ilmu Hukum Akreditasi B
  • Fakultas Ekonomi

S1 - Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan

S1 - Manajemen

S1 - Akuntansi

 Akreditasi B

Akreditasi B

Akreditasi B

  • Fakultas Ilmu Sosial dan Illmu Politik
S1 - Ilmu Administrasi Negara Akreditasi B 
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

S1 - Pendidikan Geografi

S1 - Bimbingan dan Konseling

S1 - Pendidikan Bahasa Inggris

Akreditasi B

Akreditasi B

Akreditasi C 

  • Fakultas Pertanian

S1 - Agroteknologi

S1 - Budidaya Perairan / Akuakultur

Akreditasi B

Akreditasi B 

  • Fakultas Teknik

S1 - Teknik Mesin

S1 – Teknik Sipil

Akreditasi C

Akreditasi C 

Unidha Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH\\r\\nProvinsi Bengkulu. Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH Provinsi Bengkulu adalah perguruan tinggi swasta di Provinsi Bengkulu yang diselenggarakan oleh Yayasan Semarak Bengkulu, sebuah yayasan yang didirikan oleh Para Pasirah Kepala Marga dalam wilayah Keresidenan Bengkulu pada masa pemerintahan Hindia Belanda tahun 1928.
© 2019 Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH Follow Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH : Facebook Twitter Linked Youtube